Jumat, 11 November 2011

PENYULUHAN, MEMBENTUK DAN MEMBANGUN MASYARAKAT YANG LEBIH BAIK

Penyuluh sebenarnya dapat disebut juga sukarelawan tetapi mereka terikat akan kontrak kerja, mengemban tugas dari negara yang tujuan dari semuanya adalah untuk membantu membangun, mengembangkan dan memfasilitasi secara tidak langsung bagi masyarakat baik desa maupun kota yang perlu di benahi/dikembangkan beberapa komponen penunjang kehidupannya/ekonominya. Misalnya untuk desa-desa yang terpencil, jauh dari akses modern, dan masih menggunaka cara-cara tradisional dalam setiap kegiatannya.

Peran penyuluh sangatlah penting, masyarakat di desa masih banyak yang belum memahami bagaimana bekerja yang benar, efisien , tetapi menguntungkan, sekaligus dapat menjaga alam.

Disini saya akan lebih berbicara tentang penyuluh pertanian ( nyontek beberapa materi dari ayah :D )

Beberapa dari masyarakat kita mungkin ada yang belum bisa menerima adanya kemajuan-kemajuan tekhnologi baru yang semestinya menguntungkan mereka. Mereka terkadang beranggapan ingin ikut tradisi saja, takut leluhur marah, dan pendapat-pendapat lainnya. Sehingga mereka tidak mau menggunakannya. Tidak mudah memang memberikan penyuluhan-penyuluhan terutama pada desa-desa terpencil yang pemikiran mereka masih sebatas menggunakan tradisi. Maka penyuluh harus ekstra sabar dan telaten serta berusaha menyatu dengan masyarakat agar setidaknya sebagai permulaan masyarakat mau menerima kita. Dengan pendekatan yang baik, pada suatu ketika mereka dapat menerima dan tujuan kita untuk mambantu meningkatkan taraf ilmu pengetahuan serata kehidupan mereka dapat tercapai dan sudah menjadi masyarakat mandiri.

Beberapa tahapan penyuluh ketika terjun di masyarakat yang saya ketahu ( tanya ayah kalo ini :D ) yaitu :

DATANGILAH MEREKA

TINGGALLAH BERSAMA MEREKA

BERBICARALAH DENGAN MEREKA

CINTAI MEREKA DAN KEBUN MEREKA

BELAJARLAH DARI MEREKA

LAYANILAH MEREKA

BUATLAH RENCANA BERSAMA MEREKA

MULAILAH DARI APA YANG MEREKA KETAHUI

BANGUNLAH DENGAN LANDASAN PRINSIP YANG MEREKA MILIKI

TERIMAKASIH.. KAMI SUDAH MAMPU.. BISA ANDA TINGGALKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar